ShoutMix chat widget

Pages

Senin, 03 Januari 2011

VW Touran, MPV Keluarga Jerman

Volkswagen tahun ini akan memasarkan salah satu produknya di Indonesia, yaitu MPV Touran 5 pintu. Kendaraan ini akan diluncurkan pada Juli mendatang atau bertepatan dengan IIMS 2009. Hal itu terungkap ketika PT Garuda Mataram Motor mengadakan TSI Media Forum hari ini di Jakarta.

Rencana Indonesia mendirikan pabrik di Indosia sudah dicanang sejak tahun lalu. Paling kiri, Andrew Nasuri bersama dengan eksekutif Indomobil, pejabat pemerintah dan VW Jerman.

Touran adalah MPV 7 penumpang atau tiga deret jok, jenis yang paling disukai di Indonesia sebagai kendaraan keluarga. Jok deret ketiga dari mobil ini dirancang untuk anak kecil. Adapun dimensi hampir sama dengan Kijang Innova. Panjangnya 4.405 mm, lebar 1.794 mm (tidak termasuk spion luar) dan tinggi 1.635 mm. Khusus untuk mesin, VW akan menggunakan TSI berkapasitas 1,4 liter. TSI dirancang khusus untuk mesin berkapasitas kecil. Sebagai contoh, mesin TSI yang diperkenalkan kepada wartawan berkapasitas 1.390 cc. Kemampuannya  menghasilkan tenaga—klaim VW—mencapai 125 kW atau 170 PS. Bandingkan dengan mesin seperti Avanza 1,5 L yang hanya mampu menghasilkan tenaga 109 PS atau Kijang Innova 2,0L bertenaga 100 kW (135 PS).Performa lain dari mesin ini adalah konsumsi bahan bakarnya juga termasuk irit. Penggunaan mesin TSI 1,4 pada VW Golf GT, konsumsi bahan bakarnya 13,9 km/liter.

Teknologi andalan dari mesin bensin ini adalah injeksi langsung, kompresor superchargerturbochargerintercooler yang akan menjadinya superior digunakan di tengah kemacetan lalu lintas Jakarta.
Menurut Andrew Nasuri, CEO PT Garuda Mataram Motor, dengan menggunakan mesin 1,4 liter, harga Touran akan menjadi kompetitif. Pasalnya, pajak mesin di bawah 1,5 liter lebih rendah dibandingkan dari mesin di atas 1,5 liter. 
Sudah Dites
Juga dijelaskan, PT Garuda Mataram Motor telah mengetes mesin TSI 1,4 liter tersebut di Indonesia sampai jarak 50.000 km. Pengetesan langsung di bawah pengawasan ahli VW Jerman.
“Kita menggunakan semua bensin yang dijual di Indonesia, baik premium maupun pertamax. Ternyata tidak ada masalah. Karena itulah, kami yakin memilih mesin tersebut buat VW yang akan kita pasarkan di Indonesia,” beber Andrew Nasura yang didampingi oleh Mahaendra Ibrahim Gofar, GM Service Operation VW Singapore. Ditambahkan pula, berdasarkan penelitian VW, dengan menggunakan bensin yang dipasarkan di Indonesia, tenaga turun sekitar 5 persen. “Klaim tenaga maksimum mesin TSI 1,4 dari VW  menggunakan bensin beroktan 98, sedangkan di Indonesia kita menggunakan 92 dan 95,” lanjut Andrew.

Peluncuran dihadiri pimpinan PT Indomobil, Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika (IATT) Dr Budi Darmadi, Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) M Lufti, dan perwakilan VW, baik dari Jerman maupun Asia (China).

CEO PT GMM Andrew Nasuri  mengategorikan MPV ini sebagai sport family vehicle. “Alasannya, kalau orang masih bujangan beli Porsche 911, setelah punya keluarga beli Touran,” ungkapnya. Dia menambahkan, kemampuan Touran ini dikebut habis di Autobahn Jerman di atas 200 km/jam. Meski begitu, GMM mengklaim, Touran yang dirakit di Indonesia bisa mencapai kecepatan maksimal 198 km/jam. Dijelaskan, GMM menargetkan bisa menjual 150 unit dalam 6 bulan. Sejauh ini, semua komponen yang digunakan masih diimpor dalam bentuk complete knock down (CKD). 

Andalan yang ditawarkan VW pada Touran adalah mesin TSI 1,4 liter dengan transmisi DSG atau double clutch. Dengan dilengkapi supercharger dan turbocharger yang bekerja secara seri plus sistem injeksi langsung, mesin Touran ini diset untuk menghasilkan tenaga 140 PS @5.600 rpm. Namun, performa yang sangat menarik adalah torsi maksimum, 220 Nm @1.500 rpm. Performa terakhir sangat cocok untuk kondisi lalu lintas yang macet seperti Jakarta.
Dengan teknologi mesin tersebut, konsumsi bahan bakar MPV termasuk irit. Klaim VW yang sudah melakukan uji coba 50.000 km di Indonesia, 14 km/liter. Kemampuan MPV 7 penumpang ini untuk sprint 0–100 km/jam 9,7 detik. Fitur canggih yang disertakan pada MPV ini adalah cruise control, climatic AC system, electronic immobilizer, dan anti-theft security system. Adapun untuk keselamatan dan perlindungan buat pengemudi serta penumpang disertakan 6 kantong udara pengaman, electronic stability programme (ESP), antilock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), hydraulic brake assist system (HBA), traction control system (TCS), electronic differential lock (EDL), lampu kabut dan lampu depan dengan teknologi DE.  Karena lengkap dan performa hebat plus teknologi berkualitas, VW menilai harga yang mereka tawarkan untuk MPV


0 komentar: