ShoutMix chat widget

Pages

Rabu, 19 Januari 2011

Muluskan Ambisi, Volkswagen Siapkan Rp 637 Triliun


Ambisi Volkswagen untuk menjadi produsen mobil terbesar di dunia nampaknya sudah menggebu. Untuk memuluskan niatnya tersebut, produsen Jerman itu bahkan sudah menyiapkan dana hingga Rp 637 triliun untuk menjungkalkan Toyota dari singgasananya sekarang.

Investasi yang sangat besar tersebut akan digunakan dalam lima tahun kedepan agar bisa menjadi produsen nomor 1 di dunia menggantikan Toyota Motor Corp pada tahun 2018 mendatang.

"Investasi ini menggarisbawahi tujuan Volkswagen menjadi produsen mobil terkemuka untuk pelanggan, karyawan dan pemegang saham," kata CEO VW Martin Winterkorn dalamsebuah pernyataan setelah dewan pengawas VW menyetujui rencana investasi untuk 2011 sampai 2015.

"Kami secara sistematis mengejar tujuan Strategi kami 2018 untuk lebih meningkatkan profitabilitas dan untuk membuat Volkswagen paling future-proof grup otomotif di dunia," tambah Winterkorn di Auto News, Senin (22/11/2010).

Dana sebesar itu nantinya akan diinvestasikan untuk melakukan modernisasi dan memperluas jangkauan produk dari semua merek yang bernaung di bawah grup VW antara lain Audi, Bentley, Porsche dan Lamborghini serta VW, Skoda dan Seat.

Fokus utama akan berada di pembuatan kendaraan baru, model pengganti dan turunannya di hampir semua kelas.
Selain itu VW juga mengatakan akan terus mengembangkan mobil hybrid dan listrik serta akan terus berupaya mengembangkan mesin generasi terbaru yang memiliki kinerja, konsumsi bahan bakar dan tingkat emisi yang lebih baik dari yang saat ini ada.

Tahun ini, VW juga mengumumkan rencana untuk menambah dua pabrik di China, sehingga nantinya VW akan memiliki 11 pabrik di pasar mobil terbesar di dunia itu dan
berupaya untuk terus melipatgandakan produksi di sana hingga menjadi 3 juta mobil per tahun dalam empat tahun ke depan. VW juga akan membuka pabrik di Chattanooga, Tennessee, tahun depan untuk memasok pasar AS dan meningkatkan kapasitas di Rusia.

70 Model Baru

Sementara untuk urusan mobil baru, VW yang memiliki markas di Wolfsburg ini menargetkan untuk menambah 70 model terbaru dalam dua tahun ke depan termasuk Audi A1 dan penerus VW Touareg.

Hal itu mereka lakukan untuk mencapai tujuan menjual lebih dari 8 juta mobil pada tahun 2012 dan 10 juta pada awal tahun 2015, tiga tahun lebih awal dari target resmi mereka yang dipatok pada 2018.

(dvd/dato/dtc)

0 komentar: